Porto Folio

Capaian Pengalaman Kerja yang pernah saya tempuh pada 4 perusahaan sebagai Accounting yang bertugas menangani pembuatan laporan keuangan dan Pengurusan Administrasi Pajak perusahaan, dari empat perusahaan tersebut posisi yang di tawarkan perusahaan hamper sama yaitu bekerja di bagian Accounting , keuangan dan Perpajakan dimana bagi perusahaan yang masih bersekala kecil ketiga posisi jabatan di pegang oleh sendiri. Tahun 2010-2013 saya di terima di perusahaan besar dimana jumlah karyawan hampir berjumlah 1000 karyawan yaitu perusahaan perkebunan & Pabrik Minyak kelapa Sawit (PMKS) di Desa Lubuk Banyau, Kecamatan padang jaya, kabupaten Argamakmur, Bengkulu Utara dengan posisi jabatan Supervisor Accounting. Tahun 2015-2017 Bekerja di Program nasional Pemberdayaan masyarakat Pedesaan sebagai Tenaga Ahli PPU dan terakhir di Kantor jasa Penilai Publik hingga Sekarang.



terasnet-PT. Lintas Wastugrha.

terasnet merupakan brand name dari PT.Lintas Wastugrha yang beralamat di Jalan Trunojoyo, No. 2 6, Bandung, Jawa Barat, 40115, Indonesia dan Pengalaman pertama saya bekerja di Perusahaan ini. Terasnet bergerak dalam bidang usaha Internet Srvice Provider (ISP) dari tahun 2021- 2010, produk yang di jual di perusahaan ini adalah layanan terhadap UMKM usaha warung internet yang sempat ramai dan saat itu banyak yang membuka usaha warnetdan banyak yang sukses dari usaha warnet ini, namun sejalan dengan perkembangan teknologi datang pesain baru yaitu Telkom membuka layanan internet juga untuk paket usaha warnet dengan Produk Speedynya hingga saat ini.


Perusahaan mulai tergeser dikarenakan pelanggan yang beralih ke Telkom Speedy Singkat cerita perusahaan mengalami defisit dikarenakan berkurangnya pelanggan hingga tidak mampu lagi membiayai biaya operasional dan memutuskan untuk merger dengan PT. Citra Jelajah Informatika. Pengalaman berharga hingga sekarang soliditas karyawan dan pimpinan hingga kini masih solid dan jebolan terasnet tersebar di seluruh Indonesia ada yang menjadi pengusaha, bekerja di perusahaan ternama dan ada juga yang bekerja di Pemerintahan. Suasana dan budaya kerja di terasnet cukup baik hingga kini.

Di PT. Lintas Wastugrha bekerja di bagian Finance Accounting dan Perpajakan yang bertugas membuat laporan keuangan, laporan pajak dan pembuatan invoice (mail marge) setiap bulannya dan bertanggung jawab kepada Branch Manager


PT. Citra Jelajah Infornatika (CIFO)

perusahaan IT yang bergerak dibidang Network Integrator dan layanan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan clien, baik instansi pemerintahan, Perhotalan maupun industri. Pengalaman bekerja sebagai Finanace Accounting dan Pajak Perusahaan dan termasuk salah satu Senior yang membantu membenahi bidang administrasi keuangan dari awal berkembangnya usaha PT. Citra Jelajah Informatika dan Info Media sekaligus yang mengurusi legalitas pertama pendirian PT. Infomedia, Syukur Alhamdulillah hingga saat ini Perusahaan semakin pesat berkembang



PT. Sandabi Indah Lestari

Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan industri Pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) yang berlokasi Desa Lubuk Banyau, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Arga Makmur. Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu. Pabrik yang berkapasitas 60 ton/jam tandan buah segar dan menghasilkan 120 - 150 ton minyak kelapa sawit per hari. http://www.sandabi.co.id


Pengalaman kerja dari sejak Oktober 2010-hingga Maret 2013, kata Pak Munawar selaku Direktur Kuangan PT. SlL anda muai masuk jam terbang kerja Lintas Provinsi. Berkesan sekali disini karena kami mempunyai rekan kerja yang kompak dan saling mendukung satu sama lain, saling bekerjasama hinga terbangun kekeluargaan.

Selain itu

dari sini kami dapat membantu Perusahaan mengenalkan IT yang sebelumnya kurang begitu mengenal IT dan banyak menggunakan manual. Dengan Modal Fashdisk saya bisa membantu proses kerja lebih cepat dalam lalulintas data dari Kantor Cabang ke Kantor Pusat. dokumen anggaran surat menyurat dan lainnya. Pengalaman bersama Pak Tomy membangun Computer Sistem keuangan Akuntansi Perkebunan Kelapa Sawit hingga saat ini berkembang lebih pesat modern di PT. Sadabi Indah Lestari



PROGRAM NASIONAL PEMBERDASAYAAN MASYARAKAT (PNPM) Fasilitator Perguliran dan Pengembangan Usaha (FPPU)

Secara detail tugas yang menjadi tanggungjawab FPPU adalah;

  1. Melakukan review terhadap bantuan teknis kelembagaan dana bergulir, mencakup perencanaan, administrasi dan pelaporan, pengelolaan dokumen adiministrasi, laporan khusus dana bergulir dan pengelolaan kegiatan dana bergulir, serta fasilitasi penguatan kelompok;
  2. Melakukan pemeriksaan pengelolaan dana bergulir;
  3. Melakukan supervise system pengelolaan dana bergulir dan pelaporan dana bergulir;
  4. Mengidentifikasi, memetakan serta melakukan telaah terhadap potensi ekonomi lokal yang dapat dikembangkan menjadi usaha ekonomi bagi kelompok penerima dana bergulir, misalnya teknik pengolahan dan produksi, pemasaran dan keberlanjutan usaha;
  5. Membuat rencana peningkatan kapasitas untuk penguatan pengelolaan keuangan dana bergulir di UPK, pengembangan usaha kelompok SPP dan kelompok UEP;
  6. Memberikan bantuan teknis kepada PL-UPK dalam mendorong pertumbuhan kelompok baru.
  7. Memfasilitasi jaringan kerjasama (pengualan kelembagaan dana bergulir dan kelompok) dengan lembaga pembiayaan dalam peningkatan permodalan dan pengembangan usaha kelompok;
  8. Melakukan evaluasi kondisi UPK dan kelompok.
  9. Pengembangan dan Pelestarian Kegiatan Dana Bergulir serta kelembagaannnya

Pernah bekerja sebagai Fasilitator FPPU Kabupaten pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan lokasi Tugas di Kabupaten Purwakarta dan Terakhir di Kabupaten Kuningan sebagai Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (TA.PED), tugas yang dilakukan yaitu memfasilitasi penguatan kegiatan dana bergulir di Unit Pengelola Kegiatan disingkat (UPK) serta kegiatan simpan pinjam dan pengembangan usaha di kelompok-kelompok usaha.


Sebagai Fasilitator Kabupaten harus dapat mengkoordinir Fasilitator di setiap Kecamatan, memantau dan Monitoriang terhadap Petugas yang ada di setiap Kecamatan, dalam sebulan kami mempunyai kewajiban untuk turun ke lapangan maksimal dalam sebulan 15 x kunjungan dan selama dua kali sekali melakukan Rapat Koordinasi dengan Fasilitator Kecamatan.


Ruang Lingkup tugas dan fungsi utama F-PPU adalah melakukan fasilitasi untuk penguatan kelompok simpan pinjam (SPP) dan kelompok usaha ekonomi produktif, setiap kali kunjungan banyak temuan temuan yang di dapatkan sebagai bahan evaluasi, bahan pemecahan masalah, dan juga bahan pengembangan untuk Pengelola Unit Kegiatan dan juga kinerja Fasilitator Kecamatan.

Melakukan review terhadap bantuan teknis kelembagaan dana bergulir yang mencakup perencanaan, administrasi dan pelaporan pengelolaan dokumen administrasi, laporan khusus dana bergulir, dan pengelolaan kegiatan dana bergulir, serta fasilitasi penguatan kelompok


KANTOR JASA PENILAI PUBLIK (KJPP-FIRMAN AZIS & REKAN)

Kantor Jasa Penilai Publik disingkat KJPP adalah badan usaha yang memiliki izin dari Menteri bagi Penilai Publik untuk memberikan jasanya. Sementara itu, penilai publik merupakan penilai yang mendapat izin dari Menteri dalam memberikan jasanya.

Beda perusahaan beda juga budaya kerjanya namun pada perinsipnya dimanapun dan apapun jenis perusahaan kita tetap harus bekerja Profesional sesuai bidangnya masing masing. Disini saya menemukan kebiasaan yang berbeda dari tempat kerja lainnya terutama dalam hal penggajian. Perusahaan memberikan bonus/kompensasi kepada karyawan tergantung beban kerja yang di tambahkan sebagai penghasilan tambahan gaji pokok, setiap karyawan sudah mempunyai patokan persentasi tambahan bonus tentu sistem ini bisa menguntungkan karyawan bila keadaan perusahaan membaik atau banyak order jasanya dan bisa juga mengalami stagnan jika perusahaan menurun atau sepi order.